Bukan Hanya di Bangkok! 10 Tempat Wisata di Chiang Mai Ini Juga Bagus Dikunjungi!!

Walaupun Chiang Mai adalah salah satu kota wisata di Thailand, sekaligus sudah menyandang sebagai kota terbesar kedua di Thailand. Tapi faktanya, tidak banyak orang yang mengetahui tentang kota ini.

Hal ini terjadi karena lokasinya yang cukup jauh dari Kota Bangkok sebagai pintu masuk utama ke Thailand. Tapi jika berlibur ke Thailand, kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjung Kota Chiang Mai.

Karena, di kota ini ada banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, mulai dari tempat wisata alam, hingga tempat wisata bersejarah. Lantas, apa saja tempat wisata di Chiang Mai tersebut? Berikut ulasannya 

#1. Wat Phra That Doi Suthep
Tempat Wisata di Chiang Mai
Wat Phra That Doi Suthep
Tempat wisata di Chiang Mai yang pertama yaitu Wat Phra That Doi Suthep. Wat Phra That Doi Suthep adalah salah satu kuil Budha paling disucikan di Thailand, yang lokasinya berada di puncak Gunung Suthep.

Karena lokasinya berada di puncak Gunung Suthep, maka wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini harus menaiki 300 anak tangga, atau bisa juga mengunakan lift yang sudah disediakan.

Di dalam komplek kuil tersebut, ada sebuah monumen setinggi 24 meter, yang dilapisi dengan emas. Jika cuaca sedang cerah, monumen tersebut akan bersinar terang dan memantulkan cahaya dari matahari.

Di dalam komplek kuil tersebut juga ada sebuah tempat bernama Bhubing Palace, yang dipergunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan dan untuk menerima tamu penting Kota Chiang Mai.

#2. Chiang Mai Night Safari
Tempat Wisata di Chiang Mai
Chiang Mai Night Safari
Tempat wisata di Chiang Mai selanjutnya yaitu Chiang Mai Night Safari. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata baru di Chiang Mai yang dikembangkan langsung oleh pihak pemerintah Thailand.

Konsep tempat wisata ini adalah untuk melihat kehidupan malam berbagai hewan buas seperti zebra, jerapah, kanguru merah, dan 130 jenis hewan buas lainnya, dengan mengunakan trem, yaitu sejenis kereta api.

Dengan mengunakan trem tersebut, pengunjung akan dibawa memasuki 3 tempat yang berbeda, yaitu Jaguar Trail, Predator Prowl, dan Savanna Safari.

Savanna Safari, banyak dihuni oleh hewan-hewan khas Afrika. Predator Prowl, banyak dihuni oleh raja hutan seperti singa, macan, puma, dan lainnya. Dan Jaguar Trail, banyak dihuni oleh hewan-hewan cantik seperti Flamingo.

Namun jangan khawatir berkunjung ke Chiang Mai Night Safari ini, karena tempat wisata ini dijamin aman, dan nyaman. Biasanya, perjalanan mengelilingi tempat ini berlangsung kurang lebih 1 jam saja.

#3. Wat Chedi Luang
Tempat Wisata di Chiang Mai
Wat Chedi Luang
Sebenarnya, melihat reruntuhan bangunan kuno di Thailand itu bukanlah hal langka atau biasa saja. Tapi sedikit berbeda dengan reruntuhan bangunan kuno bernama Wat Chedi Luang di Kota Chiang Mai ini.

Karena, Wat Chedi Luang adalah salah satu tempat suci yang memiliki sejarah penting bagi Thailand. Dan kabarnya, bangunan kuno setinggi 80 meter ini pernah menjadi rumah bagi Emerald Buddha.

Wat Chedi Luang dibangun pada masa pemerintahan Raja Saen Muang Ma, atau lebih tepatnya pada tahun 1401. Tapi, pada tahun 1545, bangunan kuno ini mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa bumi.

Kemudian pada tahun 1992, pihak pemerintah merenovasi bangunan kuno ini. Kini, Pada hari raya agama Budha, Wat Chedi Luang akan menjadi salah satu tempat melaksanakan upacara, dan banyak dikunjungi oleh warga Kota Chiang Mai.

#4. Doi Inthanon
Tempat Wisata di Chiang Mai
Doi Inthanon
Tempat wisata di Chiang Mai yang satu ini adalah sebuah taman nasional yang berada di ketinggian sekitar 2565 meter dari atas permukaan air laut. Karena ketinggiannya tersebut, cuaca di tempat ini sejuk dan dingin sepanjang tahun.

Bahkan, pada bulan Oktober sampai bulan Februari, cuacanya semakin dingin hingga mendekati dibawah 0 derajat. Wilayah taman nasional seluas 482 km persegi ini mencakup 5 distrik di Chiang Mai.

Keindahan alam adalah salah satu daya tarik utama di taman nasional ini, mulai dari hutan tropis, gunung, sungai, dan air terjun. Selain itu, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi 362 spesies burung.

Bukan hanya itu saja, taman nasional ini juga rumah bagi suku Hmong, yang terkenal dengan baju-bajunya berbordir unik. Selain itu, di taman nasional ini terdapat juga dua buah pagoda, yang dibangun untuk menghormati Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit.

#5. Chiang Mai Zoo
Tempat Wisata di Chiang Mai
Chiang Mai Zoo
Tempat wisata di Chiang Mai selanjutnya yaitu Chiang Mai Zoo. Chiang Mai Zoo adalah sebuah kebun binatang seluas 200 hektar dengan 400-an jenis spesies fauna seperti gajah, kuda nil, badak, macan, dan masih banyak lagi.

Di kebun binatang ini, pengunjung bisa mengeksplor sebuah aquarium, yang akan membawamu ke dunia bawah laut. Yang mengemaskan, di kebun binatang ini ada dua ekor panda lucu dari china bernama Chuang Chuang dan Lin Hui, yang siap menyapa pengunjung.

Keunggulan dari kebun binatang ini, yaitu pengunjung bisa merasakan sensasi menyatu dengan alam layaknya seolah-olah berada di hutan rimba. Selain itu, pengunjung juga bisa secara langsung berinteraksi dengan beberapa hewan seperti jerapah, zebra, dan lainnya.

#6. Art in Paradise Ticket Chiang Mai

Selanjutnya yaitu Art in Paradise Ticket Chiang Mai. Para wisatawan pasti membutuhkan banyak waktu ketika mengunjungi tempat ini, karena di tempat ini ada banyak seni 3D yang menarik untuk dilihat.

Seni 3D tersebut menciptakan ilusi, yang seolah-olah sedang berada di dalam sebuah lukisan. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa kamera jika mengunjungi Art in Paradise Ticket Chiang Mai ini

#7. Wiang Kum Kam
tempat wisata di Chiang Mai
Wiang Kum Kam
Untuk mengunjungi tempat wisata di Chiang Mai yang satu ini harus sedikit keluar dari pusat Kota Chiang Mai. Karena letaknya berada di sepanjang sungai ping atau sekitar 5 km dari pusat kota Chiang Mai.

Wiang Kum Kam adalah sebuah kota tua bekas ibukota kerajaan Lanna sebelum dipindahkan ke Kota Chiang Mai. Puing-puing reruntuhan kota inilah yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini.

Salah satu landmark paling penting di Wiang Kum Kam adalah Wat Chedi Liam, yang mempunyai banyak sekali patung Budha berarsitektur kuno khas Kuil Mahabodhi dari India.

Untuk mengelilingi area Wiang Kum Kam ini, pengunjung bisa mengunakan trem (sejenis kereta api), atau bisa juga mengunakan delman khas Chiang Mai.

#8. Bo Sang Handicraft Centre

Bo Sang adalah nama sebuah daerah di Chiang Mai, yang warganya banyak berprofesi sebagai pembuat payung tradisional khas Thailand. Biasanya, payung-payung tersebut dibuat dengan dua bahan, yakni kertas dan kain.

Kertas yang digunakan untuk membuat payung tersebut bukan sembarangan kertas, tapi kertas yang memiliki tekstur seperti kain kanvas. Secara umum, ada 3 jenis ukuran payung yang dibuat, yakni besar, sedang, dan kecil.

Biasanya, payung berukuran besar digunakan orang untuk berlindung dari sinar matahari atau hujan. Sedangkan, payung berukuran sedang dan kecil biasanya untuk dijual sebagai sovenir asli khas Bo Sang.

Setahun sekali, diselengarakan festival payung di Bo Sang bernama " Bo Sang Umbrella Fair ". Festival payung di Bo Sang ini adalah salah satu festival favorit di Chiang Mai yang menarik dikunjungi.

#9. Elephant Nature Park
tempat wisata di Chiang Mai
Elephant Nature Park
Tempat wisata di Chiang Mai selanjutnya yaitu Elephant Nature Park. Ada banyak kamp gajah di Chiang Mai, tapi semuanya tidak sama, dimana ada beberapa di antaranya dikritik karena memperlakukan gajah dengan buruk.

Tapi tidak dengan Elephant Nature Park, disini gajah-gajah diperlakukan dengan baik, bahkan pengunjung diajak untuk menjadi sukarelawan gajah seperti memberi makan, dan memandikan gajah di sungai.

Kabarnya, sebagian besar gajah di Elephant Nature Park ini adalah gajah yang pernah diperlakukan buruk seperti dipaksa untuk bekerja keras. Ketika sampai disini, gajah-gajah tersebut diperlakukan dengan baik.

#10. Chiang Dao Cave

Tempat wisata di Chiang Mai yang terakhir yaitu Chiang Dao Cave. Chiang Dao Cave adalah sebuah gua yang memiliki stalaktit dan stalakmit, yang berada di pegunungan Doi Chiang Dao (gunung tertinggi ke-3 di Thailand).

Total panjang gua ini adalah sekitar 12 km, dan untuk mengeksplor gua ini, pengunjung membutuhkan jasa pemandu wisata yang sudah menguasa medan, serta wajib mengunakan peralatan yang lengkap. Konon katanya, gua ini terhubung sampai ke perbatasan Thailand.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Chiang Mai. Sebenarnya, masih ada beberapa tempat wisata lainnya di Chiang Mai, tapi untuk semantara cukup itu dulu, nanti kalau ada waktu lagi, akan saya tambahkan. Terima kasih!!  

0 Response to "Bukan Hanya di Bangkok! 10 Tempat Wisata di Chiang Mai Ini Juga Bagus Dikunjungi!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel