INI DIA 18 Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi!!

Jika kamu ingin liburan ke Jepang, dan sedang kebingungan memilih tempat wisata mana yang bagus? Maka artikel tentang beberapa tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi ini harus kamu baca sampai tuntas.

Karena, Kyoto adalah salah satu kota wisata di Jepang, yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangan negara Jepang. Selain itu, Kyoto juga pernah menjadi ibukota negara Jepang di masa lalu.

Jadi tidak heran, jika di Kyoto banyak terdapat tempat wisata bersejarah seperti kuil, kastil, dan lainnya. Lantas, apa saja tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya

#1. Gion
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi
Gion
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi pertama yaitu Gion. Gion adalah salah satu distrik hiburan paling populer di Kyoto saat ini, dimana pengunjung bisa bertemu dengan para gadis Geisha di tempat ini.

Awalnya, Gion hanya sebuah tempat dengan beberapa kedai teh untuk melayani para pengunjung yang kelelahan setelah berkunjung ke Kuil Yasaka. Tapi disebutkan bahwa di masa lalu, Gion pernah menjadi salah satu tempat bersenang-senang terbesar di Kyoto.

Walaupun kini, bangunan modern sudah ada dimana-mana, dan hiburan malam banyak bermunculan. Tapi masih ada beberapa tempat di Gion, yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati jejak-jejak sejarah Gion.

Disiang harinya, memang kawasan ini terlihat membosankan. Tapi ketika malam hari tiba, barulah kehidupan gemerlap mulai terlihat, akan ada banyak ditemukan restoran tradisional, kedai teh, galeri seni, dan toko-toko barang antik.

Tapi jangan berharap mendapatkan barang antik dengan harga murah seperti di toko-toko pasar loak di tempat ini. Selain itu, ada beberapa tempat di Gion adalah tempat untuk pertunjukan skill para gadis Geisha.

Di Gion juga ada sebuah festival yang cukup populer di kalangan para wisatawan, yaitu Festival Gion. Dalam festival tersebut, pengunjung bisa melihat perayaan tahunan dan pawai tradisional khas Jepang.

#2. Fushimi Inari Taisha
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi
Fushimi Inari Taisha
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Fushimi Inari Taisha. Fushimi Inari Taisha adalah salah satu kuil Shinto untuk menyembah dewa beras atau Inari, yang berada dibagian selatan Kyoto.

Bangunan kuil adalah salah satu hal yang sangat menarik bagi wisatawan asing, karena di pintu masuknya, pengunjung akan disambut langsung oleh sebuah pintu gerbang besar bernama Romon Gate.

Di kuil ini terkenal dengan ribuan gerbang dari Vermillion Torii berwarna merah terang, yang mengarah langsung ke hutan. Menariknya, berkunjung disini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

#3. Kyoto Imperial Palace/Kyoto Gosho

Kyoto Imperial Palace atau di Jepang sana lebih dikenal dengan nama Kyoto Gosho adalah sebuah komplek luas yang dikelilingi oleh dinding tinggi, dan berada di tengah-tengah Kyoto Imperial Palace Park.

Dulunya, Kyoto Imperial Palace atau Kyoto Gosho ini adalah tempat tinggal kaisar Jepang, tapi sekarang sudah menjadi tempat tinggal tidak resmi. Walaupun begitu, penobatan kaisar baru dan upacara kenegaraan lainnya masih diselenggarakan disini.

Istana ini sebetulnya dibangun pada tahun 794, kemudian diganti berkali-kali setelah hancur akibat kebakaran. Istana yang sekarang dibangun di tempat yang berbeda, dan lebih kecil daripada aslinya pada tahun 1855.

Bagi sebagian orang, Kyoto Imperial Palace tidak terlalu menarik dikunjungi, karena untuk berkunjung ke istana ini, pengunjung diharuskan pengajukan permohonan izin masuk terlebih dulu ke pengelola.

Tapi, taman luas yang ada di Kyoto Imperial Palace Park adalah sebuah tempat terbuka untuk umum dari pagi sampai sore. Tentunya, taman ini bisa dikunjungi secara bebas tanpa perlu mengajukan permohonan izin masuk.

#4. Hutan Bambu Sagano
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Hutan Bambu Sagano
Arashiyama adalah sebuah distrik yang berada di bagian barat Kyoto. Ada beberapa tempat yang sangat populer dikalangan wisatawan disini seperti Jembatan Togetsu, Kereta Troli, dan sungai Hozigawa.

Dan tempat wisata yang paling hits di Arashiyama adalah hutan bambu Sagano. Menyusuri hutan bambu ini seolah-olah memasuki dunia lain di Kyoto, dan dijamin segala beban pikiran, stres, dan galau akan hilang seketika.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi kuil Nison-in dan Jojakko-ji di malam hari di sekitar hutan bambu tersebut. Makanya, terkadang ada beberapa pengunjung yang datang dua kali, yaitu siang hari dan malam hari.

Menariknya lagi, setiap bulan desember, diselenggarakan Arashiyama Hanatoro, yaitu dari jembatan Watanabe hingga jalan setapak di hutan bambu tersebut akan diterangi dengan lampu-lampu yang indah.

#5. Kimono Forest

Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Kimono Forest atau hutan Kimono. Lokasinya tidak begitu jauh dari Hutan Bambu Sagano, cukup jalan kaki saja, sudah bisa berkunjung ke tempat ini.

Menariknya lagi, belum banyak orang yang mengetahui tempat ini, karena memang lokasinya yang cukup tersembunyi, yaitu di sebuah gang antara kafe dan restoran. Soal kualitas keindahannya, dijamin oke.

Kenapa dinamakan Kimono Forest atau hutan Kimono? Karena sepanjang gang tersebut berdiri 600 pilar yang dilapisi Kimono dengan beragam warna dan corak.

#6. The Philosopher’s Path/Tetsuga No Michi
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
The Philosopher’s Path/Tetsuga No Michi
The Philosopher’s Path atau di Jepang sana disebut dengan nama Tetsuga No Michi adalah salah satu tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berada di antara Kuil Ginkaku-ji dan Kuil Eikan-do di Higashiyama.

The Philosopher’s Path atau Tetsuga No Michi adalah sebuah jalan sepanjang 2 km, yang banyak terdapat pohon bunga sakura. Jadi, tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Jepang.

Waktu terbaik berkunjung kesini adalah ketika musim semi, dimana pada waktu itu bunga sakura akan bermekaran.

#7. Kuil Heian Jingu
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Kuil Heian Jingu
Kyoto memang dikenal mempunyai banyak sekali kuil, dan salah satu kuil paling terkenal di Kyoto adalah Kuil Heian Jingu. Kuil ini adalah salah satu kuil paling penting bagi kepercayaan Shinto di Jepang.

Lantas apa yang menarik dari kuil ini? Di kuil ini banyak terdapat spot-spot menarik untuk disinggahi. Pertama-tama, pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang besar yang biasa disebut Vermillion Torii.

Area kuil ini juga sangat luas, dan terbuka, sehingga pengunjung bisa berkunjung ke bangunan budaya, taman, membeli jimat, dan membuat harapan di kuil ini. Kuil ini buka pada jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Selain mempunyai kesan visual yang keren dan mengagumkan, kuil ini juga akan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kyoto, apabila diselengarakan festival Shinto di hari-hari tertentu. Untuk masuk ke kuil ini, pengunjung harus membeli tiket masuk.

#8. Kuil Kiyomizudera
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Kuil Kiyomizudera
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Kuil Kiyomizudera. Kuil Kiyomizudera ini tidak kalah dengan Kuil Heian Jingu, sebab kuil ini juga selalu banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.

Selain itu, Kuil Kiyomizudera ini juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di kuil ini, seperti melihat kemegahan bangunan kuil tersebut, melihat Kota Kyoto dari kejauhan, dan mengikuti tradisi Hanami, yaitu tradisi melihat bunga sakura di musim semi.

#9. Sanjusangendo

Indonesia mempunyai Candi Prambanan yang konon mitosnya dibangun sebanyak 1.000 candi. Nah, ternyata Jepang juga mempunyai tempat wisata dengan 1.000 patung sebagai objek wisatanya, yaitu Sanjusangendo.

Sanjusangendo adalah sebuah kuil yang dibangun pada abad ke-10 untuk didedikasikan kepada Bodhisattva. Dulunya, kuil ini sempat hancur akibat kebakaran, tapi sekarang sudah direnovasi seperti aslinya.

Kini, kuil ini sudah menjadi salah satu cagar budaya Jepang. Di dalam kuil tersebut terdapat 33 ruangan yang dinamakan Sanjusangen-do, ada 1.001 patung Budha yang berjejer, dan ditengahnya ada aula kuil.

#10. Pantai Amanohashidate
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi
Pantai Amanohashidate
Jepang adalah salah satu negara kepulauan, maka tidak heran tempat wisata di Jepang pun ada yang berupa pantai. Dan salah satu tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi adalah Pantai Amanohashidate.

Pantai Amanohashidate adalah salah satu pantai terindah di Jepang. Selain itu, di tempat ini ada sebuah jalur yang menghubungkan dua pantai, dan pengunjung bisa melewati dengan berjalan kaki atau mengunakan sepeda.

#11. Akuarium Kyoto

Di Akuarium Kyoto ini banyak sekali menyuguhkan pameran, dan berbagai kegiatan menarik tentang kehidupan air. Tujuan Akuarium Kyoto ini yaitu untuk memberikan hiburan yang edukatif kepada pengunjungnya.

Khususnya untuk anak-anak, dimana mereka bisa belajar secara langsung dengan menyenangkan tentang kehidupan air, yang dipresentasikan oleh pemandu-pemandu yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Selain itu, Akuarium Kyoto ini juga ikut serta dalam usaha melindungi alam. Banyak hal dilakukan oleh Akuarium Kyoto ini, seperti mendukung pengembangbiakan spesies langka di Kyoto, mengunakan pembangkit listrik bertenaga surya, dan lainnya.

#12. Nishiki Ichiba
Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi
Nishiki Ichiba
Nishiki Ichiba adalah salah satu distrik yang banyak dikunjungi wisatawan, yang ingin menikmati jajanan khas Jepang di Kyoto. Tempat ini awalnya adalah sebuah pasar ikan. Kemudian diubah menjadi tempat wisata belanja dan kuliner.

Kini, di distrik ini banyak menjual berbagai macam makanan seafood, makanan olahan, sayuran segar, dan berbagai sovenir menarik khas Jepang.

Seiring semakin ditingkatkannya kualitas tempat ini untuk menjadi tempat yang ramah bagi pengunjung, Nishiki Ichiba pun menjelma menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi.

#13. Kinkakuji
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Kinkakuji
Selain Fushimi Inari Taisha, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera, ada satu kuil lagi yang masuk di daftar tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi ini, yaitu Kinkakuji. Kinkakuji adalah salah satu kuil Budha di Kyoto.

Kuil ini terkenal dengan julukan The Golden Pavilion. Julukan tersebut berasal dari kesan banyaknya daun-daun berwarna emas, dan taman-taman indah yang menjadi latarbelang Kuil Kinkakuji ini.

Kelebihan lain dari kuil ini, yaitu budaya Jepang sangat terlihat jelas dari desain bangunannya. Tidak mengherankan jika UNESCO mengakui sebagai salah satu warisan dunia bersama dengan Kota Kuno Kyoto.

#14. Museum Nasional Kyoto

Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Museum Nasional Kyoto. Museum ini resmi dibuka pada bulan Mei 1897, dan koleksi utama museum ini adalah peninggalan budaya Kyoto dari era Heian hingga era Edo.

Sebelum perang dunia 2, sebagian koleksi museum ini berasal dari hadial kuil Budha dan Shinto. Setelah perang dunia 2, koleksi museum banyak berasal dari Dewan Perlindungan Peninggalan Budaya, hasil pembelian, dan pemberian penduduk.

#15. Kyoto Tower
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Kyoto Tower
Kyoto Tower adalah salah satu tempat wisata modern di Kyoto. Tower ini mulai dibuka untuk umum pada bulan Desember 1964 silam, setelah Olimpiade Tokyo, Jepang selesai diselenggarakan dengan sukses.

Kyoto Tower berdiri diatas sebuah gedung lantai 9, dengan bobot 800 ton, dan tinggi 430 kaki. Di atas tower yang didesain mirip lilin tradisional Jepang ini, pengunjung bisa melihat pemandangan kota dari ketinggian.

#16. Kastil Nijo
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Kastil Nijo
Kastil Nijo adalah sebuah kastil dataran atau Hirajiro, yaitu sebuah kastil yang dibangun didataran. Kastil ini dibangun pada tahun 1603 di sebuah tempat yang pernah terjadi " restorasi pemerintahan imperial " yang mengubah sejarah Jepang.

Berwisata ke kastil ini, pengunjung bisa merasakan pengalaman berharga berkeliling di dalam kastil. Di bagian luarnya, ada sebuah parit yang mengeliling kastil, dan parit tersebut cukup menarik perhatian para wisatawan.

#17. Sungai Kamo
Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi
Sungai Kamo
Kyoto adalah salah satu kota di Jepang yang sangat diberkahi dengan sumber air yang sangat melimpah. Dimana, ketiga sisi kota ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga sungai-sungai mengalir dengan lancar ke kota ini.

Salah satu sungai yang terkenal dengan kebersihannya di Kyoto adalah Sungai Kamo. Banyak warga lokal yang bersantai bersama teman, pasangan, dan keluarga, untuk menghabiskan waktu di pinggir sungai.

Jadi, tidak ada salahnya ikut bersantai sejenak di pinggir sungai ini untuk sekedar melepas lelah bersama dengan warga lokal, sambil menikmati pemandangan sungai, yang airnya jernih hingga ke dasar sungai.

#18. Masjid Kyoto

Tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi bagian akhir yaitu Masjid Kyoto. Walaupun Jepang bukanlah negara mayoritas muslim, ternyata disana juga ada beberapa masjid, salah satunya adalah Masjid Kyoto.

Masjid Kyoto ini berada di Kyoto Islamic Center, atau lebih tepatnya berada di ruang bawah tanah, atau lantai 1 di bangunan tersebut. Jadi, jika sedang berada di Kyoto dan sedang mencari tempat ibadah untuk sholat, bisa mengunjungi masjid ini.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Kyoto, Jepang. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih seru, ajaklah teman dan orang-orang tersayang.

0 Response to "INI DIA 18 Tempat Wisata di Kyoto Yang Wajib Dikunjungi!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel