Lupakan Tokyo! Mari Berkunjung ke 13 Tempat Wisata di Nara (Jepang)!!

Sebelumnya, Pojokmuda.com sudah pernah membahas tentang beberapa tempat wisata di Osaka yang wajib dikunjungi. Nah, kali ini saya akan membahas tentang beberapa tempat wisata di Nara, yaitu sebuah kota yang tidak begitu jauh dari Osaka dan Kyoto.

Nara adalah salah satu kota wisata di Jepang, yang dikenal memiliki banyak tempat wisata bersejarah seperti kuil, istana, dan lainnya. Selain itu, Nara juga termasuk salah satu kota paling tua di Jepang, yaitu sudah berumur 1.300 tahun.

Oleh karena itu, jika sedang berlibur ke Jepang, lupakan dulu Kota Tokyo, dan mari berkunjung ke Kota Nara. Lantas, apa saja tempat wisata di Nara yang menarik dikunjungi? Berikut ulasan lengkapnya

#1. Nara Park
Tempat wisata di Nara
Nara Park
Tempat wisata di Nara yang pertama yaitu Nara Park. Nara Park adalah sebuah taman yang bagus untuk berwisata keluarga, sebab daya tarik utama taman ini adalah banyak rusa liar berkeliaran bebas disini.

Walaupun begitu, pengunjung juga harus hati-hati, karena rusa di taman ini bukanlah rusa jinak. Tapi, jika pengunjung tidak panikan dan tetap hati-hati, bisa menyentuh rusa-rusa tersebut, dan mengajaknya berfoto.

Selain itu, pengunjung juga bisa memberi makan rusa-rusa tersebut dengan biskuit yang bisa dibeli di sekitar taman tersebut. Uniknya, rusa jantan dewasa tidak mempunyai tanduk, karena tanduknya di potong pada saat upacara Deer-horn Cutting.

Upacara Deer-horn Cutting tersebut biasanya diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. Tujuan pemotongan tanduk terhadap rusa jantan tersebut adalah untuk menghindari tandukan rusa terhadap pengunjung.

#2. Nara National Museum
Tempat wisata di Nara
Nara National Museum
Tempat wisata di Nara selanjutnya yaitu Nara National Museum. Museum ini mempunyai koleksi Budha terbaik di dunia, dan memiliki beberapa patung seni peninggalan dari jaman Edo dan jaman Nara.

Ada 4 ruangan yang bisa dieksplor di museum ini, yaitu ruangan untuk patung Budha, ruangan untuk benda-benda ritual yang terbuat dari perunggu, serta ruangan di bagian sayap kanan dan kiri, yang banyak terdapat benda-benda bersejarah.

Di aula utamanya ada tempat penyimpanan patung Budha. Menariknya lagi, petugas-petugas di museum ini bisa berbahasa inggris, sehingga mereka bisa membantu menjelaskan tentang koleksi-koleksi di museum ini. 

#3. Okadera
Tempat wisata di Nara
Okadera
Jika sebelumnya kamu pernah membaca artikel Pojokmuda.com tentang beberapa tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi, yang ternyata objek wisatanya banyak didominasi oleh kuil dan sejenisnya.

Nah, di Kota Nara pun banyak terdapat objek wisata berupa kuil, salah satunya adalah Okadera, yang terkenal dengan bola pengharapan, dimana dalam bahasa Jepang disebut " Ryuutama " atau " Negaitama ".

Bola pengharapan " Ryuutama " atau " Negaitama " ini juga dikenal sebagai " Bola Naga ". Makanya, banyak orang beranggapan inspirasi cerita di film anime legandaris " Dragon Ball " adalah kuil ini.

#4. Todai-Ji

Todai-Ji adalah kuil budha terkenal lainnya di Nara selain Kuil Okadera. Di pintu gerbangnya yang disebut Nandai-mon, pengunjung akan langsung disambut oleh dua patung raksasa yang cukup menyeramkan.

Di kuil ini terkenal dengan Daibutsu, yaitu salah satu patung budha terbesar di Jepang. Selain itu, berdasarkan informasi, Kuil Todai-Ji ini merupakan salah satu patung budha terbesar di Jepang. Woow.... 

Di dalam kuil ini juga terdapat satu objek yang cukup menarik, yaitu sebuah tiang kayu yang di dasarnya terdapat lubang. Konon katanya, bagi siapa yang bisa merangkak melewati lubang tersebut, maka hidupnya akan mendapatkan pencerahan.

Di kuil ini juga ada patung Yakushi Nyorai, yang konon katanya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, sekitar kuil ini juga terdapat sebuah taman yang cukup banyak dihuni rusa. Tentunya, taman ini pasti menambah daya tarik kuil ini. 

#5. Isuien Garden
Tempat wisata di Nara
Isuien Garden
Tempat wisata di Nara selanjutnya yaitu Isuien Garden. Isuien Garden adalah sebuah taman berkonsep alam dengan pepohonan dan bangunan-bangunan khas Jepang terpadu dengan harmoni dan sempurna.

Taman ini dibangun dekat dengan sungai Yoshikigawa, dan terdapat sebuah danau kecil buatan, yang airnya langsung dari sungai Yoshikigawa. View taman ini semakin indah dengan latarbelakang gunung Wakakusayama.

#6. Yoshikien Garden
tempat wisata di Nara
Yoshikien Garden
Selain Isuien Garden, ada satu lagi tempat wisata di Nara yang berupa taman indah, yaitu Yoshikien Garden. Lokasi taman Yoshikien Garden ini pun tidak jauh dari Isuien Garden, yaitu berada di sebelahnya.

Pada jaman Nara, taman-taman indah seperti Isuien Garden dan Yoshikien Garden ini, biasanya digunakan oleh para bangsawan untuk menyambut dan menjamu tamu-tamu penting sambil minum teh. Sekarang, siapapun bisa menikmati taman ini.

#7. Kofukuji
tempat wisata di Nara
Kofukuji
Kofuku-ji adalah sebuah kuil budha yang memiliki dua pagoda cantik, dimana masing-masing pagoda tersebut bertingkat tiga dan lima. Pagoda tingkat lima ini bersama dengan pagoda Toji di Kyoto dianggap sebagai pagoda tertinggi di Jepang.

Hanya saja, pengunjung tidak diperbolehkan masuk atau naik ke pagoda-pagoda tersebut. Walaupun begitu, pengunjung masih bisa menikmati keindahan ruangan bernuansa keemasan bernama Eastern Golden Hall, yang ada di dalam komplek kuil. 

#8. Kasuga Taisha
Tempat wisata di Nara
Kasuga Taisha
Kasuga Taisha adalah salah satu kuil shinto di Nara, yang sangat terkenal dengan lampion-lampion-nya yang dibuat dari batu. Di dalam kuil ini juga terdapat lampion-lampion yang terbuat dari perunggu.

Selain itu, di dalam kuil ini ada rak batu yang dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan sake. Tapi, Jika kebetulan tempat ini ditutup ketika kamu berkunjung karena sedang upacara, jalan-jalan disekitar kuil ini pun tidak kalah menakjubkan.

#9. Irie Taikichi Memorial Museum of Photography Nara City

Tempat wisata di Nara selanjutnya yaitu Irie Taikichi Memorial Museum of Photography Nara City. Tempat wisata ini cocok dikunjungi buat kamu yang suka dengan dunia fotografi, karena tempat ini adalah museum fotografi di Jepang.

Di museum ini, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi foto dari fotografer lengendaris bernama Irie Taikichi. Ada kurang lebih 80 ribu koleksi foto di museum ini, termasuk koleksi foto keindahan yang ada di Nara. 

#10. Sarusawa-ike Pond
Tempat wisata di Nara
Sarusawa-ike Pond
Sarusawa-ike Pond adalah sebuah taman dengan kolam indah berdiameter 360 meter, yang dikelilingi oleh beraneka jenis pohon. Kolam di taman ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih, benda apapun di atasnya, pasti terrefleksi dengan baik.

Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah ritual keagamaan yang menarik untuk disaksikan, yaitu Hojoe. Hojoe adalah sebuah ritual keagamaan yang mengajarkan agar hidup dengan berbelas kasih antar sesama.

#11. Nara Prefectural Museum of Folklore

Nara Prefectural Museum of Folklore adalah sebuah museum edukasi tentang bagaimana cara hidup, dan kebudayaan, serta adat istiadat yang ada di Nara. Museum ini mulai beroperasi pada tahun 1974 silam.

Jadi, cara hidup, dan kebudayaan, serta adat istiadat yang ada di Nara dijabarkan oleh museum ini, dengan mengunakan sarana benda-benda bersejarah, yang dulunya pernah digunakan oleh masyarakat Nara.

#12. The Museum Archaeological Institute of Kashihara
tempat wisata di Nara
The Museum Archaeological Institute of Kashihara
Selain Nara National Museum, Irie Taikichi Memorial Museum of Photography Nara City, dan Nara Prefectural Museum of Folklore, ada satu lagi tempat wisata di Nara yang berupa museum, yaitu The Museum Archaeological Institute of Kashihara.

Museum yang sudah ada sejak tahun 1938 ini banyak menyimpan berbagai benda-benda peninggalan dari jaman dulu di Nara seperti tembikar, patung, dan lainnya. Benda-benda tersebut sangat erat hubungannya dengan kehidupan di Nara di masa lalu.

#13. Horyuji
tempat wisata di Nara
Horyuji
Tempat wisata di Nara yang terakhir yaitu Horyuji. Horyuji adalah salah satu kuil budha di Nara, yang sangat dikeramatkan oleh penganut ajaran Budha, khususnya bagi penganut ajaran Budha aliran Shotoku.

Horyuji adalah salah satu bangunan paling tua di Nara, yang dibangun pada tahun 607 oleh seorang kaisar yang berkuasa pada masa itu, yaitu Kaisar Suiko. Kuil ini juga mempunyai sebuah pagoda 5 tingkat.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Nara yang menarik dikunjungi. Perlu dicatat, untuk berkunjung ke kuil, harap mengunakan pakaian yang sopan ya, dan jangan lupa membagikan/share artikel ini ke media sosial ya! Terima Kasih!!.

0 Response to "Lupakan Tokyo! Mari Berkunjung ke 13 Tempat Wisata di Nara (Jepang)!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel