20 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Bagus Dikunjungi!!

Kepulauan Seribu adalah sebuah Taman Nasional seluas 108.000 hektar dengan 110 pulau kecil. Nah, dari ratusan pulau kecil tersebut, terdapat beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu yang bagus dikunjungi.

Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat wisata alam favorit di Jakarta, khususnya bagi warga Jakarta yang tidak mempunyai banyak waktu untuk liburan. Selain itu, Kepulauan Seribu juga termasuk salah satu tempat instagramable di Jakarta.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu, mulai dari sekedar jalan-jalan di pantai, menikmati Sunset, hingga Snorkeling, dan lainnya. Lantas, seperti apa saja pulau terindah di Kepulauan Seribu tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Beberapa Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Bagus Dikunjungi

#1. Pulau Tidung
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Tidung
Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang pertama yaitu Pulau Tidung. Pulau ini terkenal dengan Jembatan Cinta, yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil.

Jembatan Cinta inilah yang paling sering dijadikan sebagai tempat uji nyali bagi pengunjung yang berani melompat dari ketinggian sekitar 6 meter dari atas permukaan laut.

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu, jadi sarana umum seperti kantor kepolisian, warung-warung makan, dan lainnya, bisa ditemukan dengan mudah di pulau ini.

Sedangkan Pulau Tidung Kecil adalah tempat untuk mengembangbiakan pohon-pohon mangrove. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di pulau ini dengan jalan kaki atau bersepeda lewat jalur setapak.

#2. Pulau Sepa
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Sepa
Pulau terindah di Kepulauan Seribu selanjutnya yaitu Pulau Sepa. Pulau Sepa adalah salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu, yang terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih, bersih, dan lembut.

Selain itu, Pulau Sepa juga dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang " super " indah. Makanya, pulau ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat menyelam favorit di Kepulauan Seribu.

Walaupun namanya kurang dikenal, tapi dengan keindahannya tersebut, pulau ini bisa menjadi alternatif jika pulau-pulau terkenal di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung sedang ramai dikunjungi.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di pulau ini, mulai dari yang sederhana seperti berjemur di pantai, hingga hal-hal yang lebih menantang seperti snorkeling, banana boat, diving atau jetsking, dan lainnya.

#3. Pulau Pramuka

Berlibur ke Pulau Pramuka akan mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu kesenangan dan ilmu. Karena, selain memiliki pantai yang indah dan bawah laut yang menakjubkan, pulau ini juga menjadi pusat pelestarian penyu sisik, yaitu salah satu penyu terlangka di dunia.

Kurang lebih sama dengan Pulau Tidung, pulau ini termasuk salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu. Jadi, semua fasilitas umum seperti penginapan, warung makan, rumah sakit, dan lainnya ada di pulau ini.

#4. Pulau Bidadari
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Bidadari
Pulau ini bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menitan dengan mengunakan speedboat dari Marina Ancol. Karena memang jaraknya cukup dekat dari kota Jakarta, yaitu sekitar 15 km, bahkan gedung-gedung Jakarta masih terlihat samar-samar.

Pulau ini menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dengan pepohonan yang menghijau disepanjang garis pantai-nya. Pengunjung juga bisa menyewa resort terapung yang terkenal di pulau ini.

Selain itu, di Pulau Bidadari ini juga terdapat sebuah benteng yang menarik dikunjungi, yaitu Benteng Martello. Benteng ini merupakan bangunan bekas peninggalan Belanda pada abad ke-17 silam.

Berdasarkan cerita warga lokal, dulunya pulau ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat wisata favorit oleh Pangeran Jayakarta, dan keluarga kerajaan lainnya. Makanya, pulau ini dinamakan Pulau Bidadari.

#5. Pulau Putri

Pulau Putri adalah salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta, yaitu sekitar 90 menitan perjalanan dari Marina Ancol.

Di pulau ini terdapat beberapa objek wisata yang bagus dikunjungi bersama keluarga seperti Under The Sea Aquarium, Water Boom, Kolam Renang, Glass Botton Boat, Sunset Cruisse, dan Lapangan Tenis.

Selain itu, di pulau ini juga sudah terdapat beberapa cottage, yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menginap di pulau ini.

#6. Pulau Pelangi
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Pelangi
Pulau Pelangi adalah salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu, yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tapi, pulau ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup baik untuk liburan.

Di pulau ini sudah ada beberapa Bungalow, yang bisa disewa untuk menginap, rumah makan terapung, dan beberapa toko selam, yang menyewakan peralatan-peralatan untuk olahraga air seperti diving, snorkeling, dan lainnya.

Intinya, di pulau ini, para pengunjung bisa menikmati suasana yang menenangkan. Karena di pulau ini masih memiliki vegetasi alami yang " sangat " rimbun, dengan pasir putih lembut di sepanjang garis pantai-nya.

#7. Pulau Macan
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Macan
Pulau terindah di Kepulauan Seribu selanjutnya Pulau Macan. Pulau ini adalah salah satu tempat wisata di Kepulauan Seribu yang terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Macan Besar dan Pulau Macan Kecil.

Lokasi kedua pulau tersebut saling berdekatan, bahkan bisa saling dikunjungi dengan berjalan kaki apabila air laut sedang surut. Ada beberapa wahana dan olahraga air yang bisa dinikmati disini seperti kano, berenang, snorkeling, surfing, diving, dan lainnya

Selain itu, pulau ini juga menawarkan beberapa tipe cottage, dan yang terkenal adalah cottage tipe Sunset Hut, dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset dari balkon cottage tersebut.

#8. Pulau Pari
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Pari
Pulau yang hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari Marina Ancol ini juga dikenal memiliki pantai indah berpasir putih lengkap dengan pohon-pohon yang rindang, dan air laut yang jernih.

Pulau Pari mempunyai 3 objek wisata yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Pantai LIPI, Pantai Perawan, dan Dermaga Bukit Matahari. Ketiga objek wisata tersebut dikenal memiliki pemandangan yang indah.

Selain bisa menikmati 3 objek wisata tersebut, pengunjung juga bisa menjelajahi pulau ini dengan bersepeda, menyelam (snorkeling) diperairan dangkal, atau menjelajahi pinggir pantai mengunakan sampan.

#9. Pulau Harapan

Pulau Harapan terkenal dengan terumbu karang dan biota-biota laut-nya yang sangat terawat dengan baik. Makanya, pulau ini sering menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan pecinta bawah laut.

Selain terumbu karang dan biota-biota lautnya, yang " super " indah, di pulau ini juga terdapat penangkaran burung Elang Bondol, yaitu salah satu jenis burung elang langka, yang dijaga kelestariannya.

Jika ingin menginap disini, pengunjung bisa menyewa sebuah homestay, yang lokasinya tidak begitu jauh dari dermaga. Homestay tersebut memiliki 2 kamar dan bisa menampung sekitar 10-12 orang setiap Homestay

Kelebihan lainnya, pulau ini tidak terlalu jauh dari beberapa pulau terkenal di Kepulau Seribu seperti Pulau Pramuka, dan pulau lainnya.

#10. Pulau Pantara

Pulau Pantara atau dikenal juga dengan nama Pulau Seribu Marine, adalah salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu, yang terkenal sebagai tempat snorkeling dan diving terbaik di Kepulauan Seribu.

Selain snorkeling dan diving, masih ada beberapa kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti bermain jet sky, berenang, banana boat, wind surfing, dan lainnya. Bagi yang ingin menginap sudah tersedia beberapa cottage berkonsep elegant disini.

#11. Pulau Kotok

Kalau kamu sedang mencari pulau yang masih asri dan sepi pengunjungi, kamu bisa berkunjung ke Pulau Kotok. Pulau ini dikenal memiliki vegetasi pantai yang masih asli dengan susunan batu karang yang indah.

Makanya untuk menjaga keaslian vegetasi laut tersebut, di pulau ini tidak menyediakan fasilitas olahraga air yang bisa merusak keaslian tersebut seperti banana boat, jetski, kano, dan lain sebagainya.

Sebagai gantinya, pengunjung bisa melakukan snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut. Selain itu, pengunjung masih bisa menikmati hamparan laut yang indah di sebuah cottage rumah pohon.

#12. Pulau Semak Daun

Pulau terindah di Kepulauan Seribu berikutnya yaitu Pulau Semak Daun. Sesuai dengan namanya, pulau ini banyak ditumbuhi semak-semak dan pohon, tapi mempunyai pantai yang landai, berpasir putih, bersih, dan lembut.

Bukan hanya itu saja, pulau ini juga sangat dekat dengan beberapa lokasi snorkeling dan diving, yang bisa memanjakan matamu dengan pemandangan bawah lautnya yang " super " indah.

Hanya saja, satu-satu pilihan untuk bermalam disini yaitu camping. Walaupun begitu, Pulau Semak Daun ini cukup dekat dengan Pulau Pramuka, yang bisa dijadikan tempat menginap jika sudah puas menjelajahi pulau ini.

#13. Pulau Bira
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Bira
Pulau Bira juga termasuk salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Karena memang dibutuhkan sedikit perjuangan untuk berkunjung ke pulau ini.

Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai ke pulau ini dari Pelabuhan Muara Angke. Itupun masih harus transit di Pulau Pramuka, kemudian dilanjutkan dengan menaiki kapal nelayan selama kurang lebih 2 jam.

Walaupun begitu, semua perjuanganmu tersebut tidak akan sia-sia, karena suasana alami benar-benar terasa di pulau ini. Selain itu, pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang " cukup " menggagumkan.

Tapi perlu hati-hati jika menjelajahi pulau ini, karena kabarnya ada banyak bulu babi disekitar pulau. Apabila tertusuk duri bulu babi tersebut, kamu akan mengalami demam hebat, akibat racun yang terdapat di bulu babi tersebut.

#14. Pulau Ayer

Pulau yang dijuluki sebagai mutiara di Kepulauan Seribu ini hanya berjarak sekitar 14 km saja dari Marina Ancol. Di pulau ini banyak ditemukan hewan reptil jenis Biawak yang memang hidup bebas.

Pesona utama dari pulau ini, yaitu keberadaan cottage yang dibangun diatas laut dengan gaya khas etnis Papua. Makanya, banyak wisatawan yang mengatakan " berkunjung ke Pulau Ayer itu terasa berada di Raja Ampat ".

Pulau Ayer mulai banyak dikunjungi wisatawan sejak tahun 1950-an. Bahkan, presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatannya pada waktu itu.

#15. Pulau Onrust
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Onrust
Pulau Onrust adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang "cukup " banyak menyimpan sejarah. Salah satunya adalah sebuah benteng bersejarah yang merupakan sisa-sisa dari peninggalan Belanda pada saat menjajah bangsa ini.

Kini, benteng bersejarah tersebut sudah difungsikan sebagai museum, dan bisa dikunjungi wisatawan. Sejarah pulau ini di mulai dari tahun 1800-an, dimana selama masa tersebut, pulau ini beberapa kali beralih fungsi.

Mulai dari sebagai galangan kapal terpenting milik perusahaan Hindia Timur Belanda, pernah menjadi stasiun cuaca, Sanatorium, hingga tempat karantina haji, bahkan pernah dijadikan sebagai penjara bagi penjahat kelas kakap.

#16. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu tujuan wisata yang murah meriah di Kepulauan Seribu. Pasalnya, lokasi pulau ini sangat dekat dengan Ancol, dan ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pulau ini dalam mengaet pengunjung.

Masyarakat di pulau ini juga dikenal ramah kepada pengunjung, bahkan banyak dari mereka yang juga ikut membuka penginapan, dan membuat paket wisata yang dikelola langsung oleh mereka sendiri.

Dan pilihan kegiatan di pulau inipun termasuk sudah " cukup " lengkap, mulai dari bersepeda, bermain banana boat, jetsky, diving, hingga snorkeling.

#17. Pulau Lancang

Pulau terindah di Kepulauan Seribu selanjutnya yaitu Pulau Lancang. Walaupun nama pulau ini tidak sepopuler seperti Pulau Tidung atau Pulang Pramuka, tapi pulau ini cukup representatif untuk digunakan sebagai tempat berlibur.

Pulau Lancang adalah salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu. Di pulau ini sudah tersedia beberapa kegiatan menarik seperti memancing, menyelam, dan snorkeling. Selain itu, semua fasilitas di pulau ini lebih murah dibanding di pulau lainnya. 

#18. Pulau Kelor
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Kelor
Pulau Kelor ini berdekatan dengan Pulau Bidadari, Pulau Petondan Kecil, dan Pulau Onrust. Di pulau ini menyimpan bangunan bersejarah, sehingga sangat bagus dijadikan sebagai tujuan wisata bersejarah.

Bangunan bersejarah di sekitar Pulau Kelor yang paling terkenal yaitu Benteng Martelo. Benteng ini sudah sedikit mengalami kerusakan akibat Tsunami pada tahun 1883, walaupun begitu, sisa-sisa dari benteng ini masih terlihat eksotis. 

#19. Pulau Air
Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Air
Pulau Air mempunyai satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya di Kepulauan Seribu, yaitu pulau ini terbelah oleh air laut, sehingga menciptakan fenomena mirip seperti sungai yang jernih.

Pulau Air adalah salah satu tempat yang bagus untuk kemping. Hanya saja, di pulau ini belum tersedia berbagai fasilitas yang mendukung untuk berlibur seperti MCK (mandi, cuci, kakus) warung makan, dan sebagainya.

#20. Pulau Petondan Kecil

Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang terakhir yaitu Pulau Petondan Kecil atau sering juga disebut Pulau Papa Theo. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Kelor.

Secara umum yang ditawarkan di pulau ini kurang lebih sama dengan pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Tapi ada satu kegiatan seru yang tidak bisa dilakukan di pulau lainnya, yaitu penyelaman model wreck.

Penyelaman model wreck adalah model penyelaman di bangkai kapal yang tenggelam, dan hanya di pulau inilah bisa ditemukan sebuah bangkai kapal kargo dengan panjang 100 meter di kedalaman 30 meter.

Nah, itulah beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu yang bagus dikunjungi. Jadi! Kapan berkunjung ke beberapa pulau yang disebutkan diatas?

Belum ada Komentar untuk "20 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Bagus Dikunjungi!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel