7+ Tempat Wisata di Banda Neira Atau Banda Naira (Maluku)

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui mengenai tempat yang satu ini. Padahal, ada beberapa tempat wisata di Banda Neira yang sangat menarik dikunjungi, mulai dari beberapa bangunan bersejarah hingga wisata alam.

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, yang secara administratif berada di dalam kawasan Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Propinsi Maluku.

Di masa lalu, Pulau Banda Neira ini terkenal sebagai pusat komoditas perdagangan pala di nusantara pada masa penjajahan. Lantas, seperti apa saja tempat wisata di Banda Neira Atau Banda Naira tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Banda Neira atau Banda Naira di Maluku

#1. Benteng Belgica
Tempat Wisata di Banda Neira
Benteng Belgica
Tempat wisata di Banda Neira yang pertama yaitu Benteng Belgica. Benteng Belgica adalah salah satu benteng bersejarah dari 12 benteng bekas peninggalan dari bangsa Portugis dan bangsa Belanda.

Benteng Belgica ini dibangun oleh bangsa Portugis pada abad ke-16. Kemudian, bangsa Belanda membangun satu benteng lagi di lokasi yang sama. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk melawan perlawanan masyarakat lokal yang menentang perdagangan monopoli.

Kini, Benteng Belgica sudah menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Pulau Banda Neira. Dan para pengunjungnya bisa menikmati sisa-sisa kemegahan Benteng Belgica ini.

#2. Gereja Tua Hollandische Kerk

Tempat wisata di Banda Neira berikutnya yaitu Gereja Tua bernama Hollandische Kerk. Gereja ini awalnya dibangun pada 1600-an, dan sudah sejak lama menjadi salah satu bangunan kebanggaan penduduk Pulau Banda Neira.

Namun sayang, gereja ini sempat diluluhlantakan oleh gempa bumi dahsyat. Kemudian pada tahun 1852, penduduk setempat bergotong royong untuk membangun kembali Gereja Tua Hollandische Kerk ini.

Gereja Tua Hollandische Kerk ini berada tidak jauh dari Benteng Nassau. Menariknya, dalam kegiatannya, gereja ini mengunakan bahasa Belanda setiap hari minggu, dan mengunakan bahasa melayu di sore harinya.

#3. Gunung Api Banda
Tempat Wisata di Banda Neira
Gunung Api Banda
Kalau pergi berwisata ke Pulau Banda Neira ini, belum lengkap rasanya kalau kamu belum mendaki Gunung Api Banda, yang berada di seberang Pulau Banda Neira, dan bisa ditempuh sekitar 10 menitan mengunakan katiting.

Kalau ditanya kapan waktu terbaik mendaki gunung ini? Hampir semua penduduk setempat menyarankan mendaki gunung ini setelah subuh dengan alasan untuk menghindari panasnya sinar matahari.

#4. Rumah Budaya

Berikutnya, kamu bisa singgah sejenak ke Rumah Budaya. Rumah ini merupakan salah satu situs bersejarah di Pulau Banda Neira, dimana di dalamnya banyak dijumpai beragam catatan sejarah tentang Pulau Banda Neira ini.

Selain itu, beberapa barang peninggalan Belanda juga di pajang di dalam rumah tersebut, seperti beberapa jenis meriam, lukisan yang mengambarkan kondisi pada masa penjajahan Belanda, dan lain sebagainya.

#5. Istana Mini
Tempat Wisata di Banda Neira
Istana Mini
Tempat wisata bersejarah lainnya yang menarik juga dikunjungi di Pulau Banda Neira ini, yaitu Istana Mini. Kenapa disebut Istana Mini? Karena bentuknya mirip seperti Istana Negara di Jakarta, tapi berukuran lebih kecil.

Sekedar informasi saja, bangunan Istana Mini yang ada sekarang di Pulau Banda Neira tersebut merupakan bangunan replika dari aslinya yang sebelumnya terdapat di dalam Benteng Nassau.

#6. Lava Flow

Tempat wisata di Banda Neira berikutnya yaitu Lava Flow. Lava Flow adalah salah satu spot menyelam terbaik di Pulau Banda Neira. Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan terumbu karang.

#7. Pulau Hatta
Tempat Wisata di Banda Neira
Pulau Hatta
Selain bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Banda Neira, kamu juga bisa mengunjungi beberapa pulau indah lainnya yang ada di sekitar Pulau Banda Neira, salah satunya adalah Pulau Hatta.

Pulau Hatta ini dulunya bernama Pulau Rosengain, kemudian namanya diganti menjadi Pulau Hatta untuk mengenang kembali salah satu tokoh proklamator Indonesia yang dulunya pernah dibuang di pulau ini.

Pulau Hatta ini memiliki pantai yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman bermain di pinggir pantai. Untuk pergi ke pulau ini diperlukan waktu kurang lebih 2 jam dari Pulau Banda Neira.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Banda Neira atau Banda Naira (Maluku). Sebelum meninggalkan blog ini, saya sarankan baca dulu beberapa tempat wisata di bogor ala eropa yang kekinian.

Belum ada Komentar untuk "7+ Tempat Wisata di Banda Neira Atau Banda Naira (Maluku)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel